KURIKULUM
PAUD Insan Kencana
JL. Raya Naringgul-Ciwidey Ds. Wangunjaya Kec. Naringgul-Cianjur
KP. 43274
Desa : Wangunjaya
Kecamatan : Naringgul
Kabupaten : Cianjur
Provinsi : Jawa
Barat
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOKUMEN I
|
PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR
DINAS PENDIDIKANDAN
KEBUDAYAAN
TAHUN 2015
LEMBAR PENGESAHAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )
PAUD INSAN KENCANA
Melalui proses sosialisasi, monitoring, dan evaluasi
serta validasi oleh Tim Jaringan Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap,
maka dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) SPS PAUD Insan
Kencana Ds. Wangunjaya, dengan ini dinyatakan sah dan berlaku terhitunng mulai
tanggal disahkan.
Disahkan
di : Naringgul
Tanggal
: 20 Juli 2015
Ketua Komite
PAUD Insan Kencana
Ds. Wangunjaya
PEPEH RUSWAN SUZIMAN
|
Kepala
PAUD Insan Kencana
Ds. Wangunjaya
ADE KURNIAWIVA, S.Pd
NIP.
|
Mengetahui,
Pengawas PLSPO Wil V
JAJAT SUDRAJAT., MM
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT atas segala Rahmat dan KaruniaNya
sehingga penyusunan Kurikulum SPS
PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL dapat
dilaksanakan sebagai tindak lanjut diberlakukannya Undang – undang No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun
2005 tentang Undang – undang Guru dan Dosen. Implementasi Undang – undang No.
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah
peraturan antara lain Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan. Peraturan tersebut menyampaikan perlunya disusun dan
dilaksanakan 8 Standar Nasional
Pendidikan yaitu Standar Kompetensi
Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik, Standar Sarana dan
Prasarana , Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian
Pendidikan.
Kepada semua pihak kami mengucapkan terima kasih yang
telah membantu kegiatan penyusunan Kurikulum SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL hingga selesai. Kami menyadari bahwa penyusunan Kurikulum SPS PAUD INSAN KENCANA DESA
WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL ini masih belum sempurna, maka kritik
dan saran kami harapkan dari segenap komponen demi kesempurnaan Kurikulum
dimasa yang akan datang.
Banjarsari, 20 Juli 2015
PAUD Insan Kencana
ADE KURNIAWIVA, S.Pd
NIP.
|
REKOMENDASI
Berdasarkan hasil validasi, monitoring dan evaluasi serta
bimbingan pelaksanaan penyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )
secara terpadu dengan memperhatikan :
1. Prinsip dasar penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).
2. Pedoman pengembangan Kurikulum Sekolah.
3. Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.
4. Saran dan pendapat Stroke Holder Pendidikan.
5. Hasil penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) SPS PAUD
INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL Kabupaten Cilacap.
Dengan ini Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan,
Pemuda dan Olahraga Ds. Wangunjaya dan Pengawas TK/SD merekomendasikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) SPS PAUD INSAN KENCANA DESA
WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL Kabupaten Cilacap untuk divalidasi oleh tim Kabupaten
Cilacap, serta mendapat pengesahan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Ds.
Wangunjaya Kabupaten Cilacap.
Banjarsari, 20 Juli 2015
Yang
merekomendasikan :
Kepala
UPT DISDIKPORA
Kec. Naringgul
JAJAT SUDRAJAT., MM
Pembina
NIP. 19600415 198201 1 015
|
Pengawas TK/SD
UPT DISDIKPORA
Kecamatan Nusawugu
M. SUPANDI, S.Pd. M.Pd
NIP. 19620909 198304 1 005
|
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
( KTSP )
SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL
Alamat : Jl. Raya Naringgul-Ciwidey KM.
11 Ds. Wangunjaya Kec. Naringgul Kab. Cianjur Kode Pos 43274
Provinsi Jawa Barat
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Perubahan
paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi
mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan,
termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum SPS PAUD INSAN KENCANA DESA
WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL Kabupaten Cilacap
pun menjadi perhatian dan pemkiran – pemikiran baru sehingga mengalami
perubahan – perubahan pendidikan.
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan
pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang –
undang No. 02 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat (2)
ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan
dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah,
dan peserta didik. Atas dasar pemikiran tersebut maka perlu dikembangkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) adalah kurikulum operasinal yang disusun dan
dilaksanakan oleh masing – masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 19 Tahun 2005 bahwa Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
mengacu pada standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari
Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC.
NARINGGUL dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum prasekolah, pendidikan
dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh tim penyusun yang terdiri atas
unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas
Pendidikan Kabupataen Cilacap, dengan bimbingan narasumber ahli pendidikan dan
pembelajaran. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip – prinsip
sebagai berikut :
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik dan lingkungannya.
2. Beragam dan terpadu.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Pada
akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan
apabila dilaksanakan dilapangan dalam proses pembelajaran yang baik.
Pembelajaran baik dikelas maupun diluar kelas hendaknya berlangsung secara
efektif yang membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak dalam hal ini para
pelaksana kurikulum ( guru ) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses
pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan dan mengasyikan bagi anak sehingga anak betah disekolah. Atas
dasar kenyataan tersebut, maka hendaknya pembelajaran di Taman Kanak – kanak
dapat manantang, menyenangkan, dan mengasyikan. Dengan spirit seperti itulah
kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan
dan pengajaran di SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL
Kabupaten Cilacap.
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum Taman
Kanak – Kanak
Tujuan
Pengembangan Kurikulum Taman Kanak – kanak ini yang pertama adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan
inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelolah
dan memberdayakan sumber daya yang ada. Yang kedua adalah sebagai acuan
bagi satuan pendidikan TK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum sehinga
akan memudahkan bagi guru SPS PAUD Insan Kencana untuk dapat
mengembangkan model-model pembelajaran yang tepat sesuai dengan bidang-bidang
pengembangan anak TK untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Selain itu Kurikulum TK disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan
kapada anak didik untuk :
1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Belajar untuk memahami dan menghayati.
3. Belajar untuk mampu malaksanakan dan berbuat secara efektif.
4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain.
5. Belajar untuk mambangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang
aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
C. Prinsip Pengembangan Kurikulum TK
1. Berbuat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki potensi sentral
untuk mengembangkan kompetansinya agar menjadi manusia yang beriman, dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mendukung pencapaian tersebut pengembangan potensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembanngan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik serta tuntunan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan
pembelajaran berpusat kepada peserta didik.
2. Beragam dan terpadu.
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi
daerah, jenjang dan pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif
terhadap perbedaan agama, suku budaya, adat istiadat dan status sosial ekonomi
dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum,
muatan local, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam
keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum
memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
Pengembangan
kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (Stokeholders )
untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk
didalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena
itu pengembangan keterampilan pribadi,
keterampilan berfikir, keterampilan social, keterampilan akademik, dan
keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi
kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan
mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkasinambungan antar
semua jenjang kehidupan.
6. Belajar sepanjang hayat.
Kurikulum
diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta
didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan
antara unsur – unsur pendidikan formal, nonformal dan informal, dengan
memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang ke arah
perkembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang antara kepentingan nasional
dan kepentingan daerah.
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan Kepentingan Nasional dan Kepentingan Daerah
untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan
Nasional dan Kepentingan Daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan
dengan Motto Bhineke Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI ).
BAB II
TUJUAN
A. Tujuan Pendidikan di Taman Kanak – kanak
Fungsi pendidikan Taman
Kanak-kanak adalah :
1)
Mengenalkan peraturan dan
menanamkan disiplin pada anak.
2)
Mengenalkan anak dengan dunia
sekitar.
3)
Menumbuhkan sikap dan perilaku
yang baik.
4)
Mengembangkan kemampuan
berkomunikasi & bersosialisasi.
5)
Mengembangkan keterampilan,
kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki anak.
6) Menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.
Adapun tujuan
pendidikan Taman Kanak – Kanak adalah :
1.
Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa,
berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang domokratis dan
bertanggungjawab.
2. Mengembangkan
potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestesis, dan sosial
peserta didik pada masa usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang
edukatif dan menyenangkan.
3. Membantu
peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang
meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, kognitif, bahasa,
fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
B. Visi SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC.
NARINGGUL
Unggul
dalam daya fikir, terampil dalam berbahasa.
C. Misi SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC.
NARINGGUL
Mencetak
generasi penerus bangsa yang tangguh dan disiplin, berbudi
pekerti yang
luhur dan sopan santun.
D. Tujuan SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC.
NARINGGUL
1.
Menciptakan pembelajaran aktif, inovatif, efektif dan
menyenangkan
2.
Menyiapkan siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan,
kemampuan dan keterampilan dasar untuk melanjutkan ke SD.
3.
Membentuk siswa beriman dan bertaqwa
serta berakhlak mulia
4.
Membentuk siswa memiliki jiwa
sosial
5.
Membentuk siswa yang mampu mengembangkan potensi
agar menjadi manusia yang aktif dan terampil.
6.
Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat dan
kebudayaannya
7. Siswa sehat jasmani dan rohani
E. Profil SPS PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC.
NARINGGUL
1. Ketenagaan
No
|
Nama/NIP
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
Keterangan
|
2. Peserta Didik
No
|
Tahun
Pelajaran
|
Kelompok / Jumlah Anak Didik
|
Jumlah
|
|
B1
|
B2
|
|||
1
|
2009/2010
|
18
|
17
|
33
|
2
|
2010/2011
|
20
|
15
|
35
|
3
|
2011/2012
|
19
|
15
|
34
|
4
|
2015/2016
|
21
|
18
|
39
|
3. Sarana dan Prasarana
Taman
Kanak - Kanak Pertiwi
Banjarsari Kec. Naringgul
Kab. Cilacap memiliki 3 ruang terdiri dari :
- Ruang Kelas :
2 buah
- Gudang :
1 buah
4. Pembiayaan
- Iuran dari wali murid.
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Struktur
program kegiatan PAUD pada Taman Kanak – kanak mencakup pembentukan perilaku
dan bidang pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan bermain dan
pembiasaan. Lingkup perkembangan meliputi :
1. Nilai –
nilai Agama dan Moral
2. Fisik
3. Kognitif
4. Bahasa
5. Sosial
emosional
Berdasarkan
ketentuan tersebut diatas, struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SPS
PAUD INSAN KENCANA DESA WANGUNJAYA KEC. NARINGGUL adalah sebagai berikut :
No
|
Komponen
|
Alokasi waktu
|
|
Kelas
|
|||
A
|
B
|
||
A
|
Pembiasaan
|
T
E
M
A
T
I
K
|
T
E
M
A
T
I
K
|
1. Nilai
– nilai Agama
|
|||
2. Moral
|
|||
3. Sosial
|
|||
4. Emosional
|
|||
B
|
Bidang
pengembangan kemampuan dasar
|
||
1. Fisik
|
|||
2. Kognitif
|
|||
3. Bahasa
|
|||
C
|
Mulok
|
||
a. Bahasa jawa
|
|||
b. Membuat
tempe
|
|||
c. Membuat telor asin
|
|||
D
|
Pengembangan
diri
|
||
1. Menari
|
|||
2. Bahasa
inggris
|
|||
3. Agama
|
|||
Jumlah
|
30
|
30
|
Keterangan
:
Jumlah
alokasi waktu 30 jam pembelajaran dalam 1 ( satu ) minggu.
Dalam 1
( hari terdiri dari 5 (lima) jam pembelajaran yaitu :
Ø
Pembukaan :
30 menit ( 1 jam pelajaran )
Ø
Inti :
60 menit ( 2 jam pelajaran )
Ø
Istirahat :
30 menit ( 1 jam pelajaran )
Ø
Penutup :
30 menit ( 1 jam pelajaran
·
Jadwal Kegiatan Mulok dan Pengembangan Diri
No
|
Kelompok
|
Kegiatan
|
Hari
|
Ket
|
|||
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
||||
1
|
B 1
|
Agama
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
|
Menari
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|||
Bahasa
Inggris
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|||
Bahasa
Jawa
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
|||
2
|
B2
|
Agama
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
|
Menari
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|||
Bahasa
Inggris
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
|||
Bahasa
Jawa
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
B. Muatan Kurikulum
Muatan
KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran / bidang pengembangan yang keluasan dan
kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan.
Disamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke
dalam isi kurikulum.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan
bahwa kedalaman muatan kurikulum pada satuan pendidikan dituangkan dalam
kompetensi pada tingkat dan atau semester sesuai dengan standar nasional
pendidikan. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
A. Bidang Pengembangan
1. Bidang Pengembangan Pembiasaan
Bidang
Pengembangan Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus
dan ada dalam kehidupan sehari – hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang
baik.
1.1 Aspek perkembangan moral dan nilai –
nilai agama, bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakan dasar agar anak manjadi warga
negara yang baik.
1.2 Aspek Perkembangan Sosial dan
Emosional, dimaksudkan untuk membina anak agar dapat menngandalikan emosinya
secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun orang dewasa dengan
baik serta dapat menolong dirinya dalam rangka kacakapan hidup.
2. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar
Bidang
Pengembangan Kemampuan Dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru
untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan
anak.
Bidang
ini meliputi :
2.1 Fisik Motorik
Pengembangan
ini bertujuan memperkenalkan dan malatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan
kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta
meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang
pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat dan terampil.
2.2 Kognitif
Pengembangan
ini bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam
– macam alternatif pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika
matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokan,
dan persiapan pengembangan kemampuan berfikir teliti.
2.3 Berbahasa
Budang
ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang
sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan mambangkitkan
minat anak untuk dapat berbahasa indonesia dengan baik.
3. Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
Tujuan :
- Melestarikan budaya daerah khususnya bahasa jawa
- Mengenalkan sopan santun dalam kehidupan sehari – hari
- Menggali nilai luhur bahasa jawa
b. Bercocok
Tanam
- Mengenalkan anak sedini mungkin cara bercocok tanam
- Mengenalkan tanaman / jenis sayuran yang bermanfaat
- Membuat anak senang makan sayur
- Membuat tempe kedelai
- Membuat telor asin
4. Pengembangan Diri
a. Ekstrakurikuler
a. 1 Bahasa Inggris
- Nouns
- Colours
- Greetings
- Numbers (1-10)
- My family
- Animals
a. 2 Agama
- Mengenal / Menghafal Nama – nama Agama di Indonesia
- Mengenal agama yang dianut
- Huruf Hijaiyah
- Menghafal Surat – surat Pendek
- Menghafal Doa Sehari – hari
- Kalimat – kalimat Toyibah
a. 3 Menari
- Mengenal / Menghafal tarian jawa ( tari jangkrik genggong, tari yapong,
tari gembira, tari jaranan, tari perang, tari dll )
- Tari kreasi baru ( tari cende, tari dengung, tari kelinci, tari mbok jamu)
5. Pengenalan Lingkungan
a. Kunjungan
- Ke Kantor Desa
- Ke Puskesmas
- Ke Sekolah
Dasar Terdekat
b. Karya
Wisata
- Kunjungan ke Daerah Wisata
B. Penilaian
Penilaian
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian
perkembangan anak didik TK PGRI Karangpakis mencakup :
1. Teknik Penilaian
1.1 Observasi
1.2 Penugasan
1.3 Unjuk Kerja
1.4 Catatan Anekdot
1.5 Percakapan
1.6 Laporan Orang Tua
1.7 Portifolio
2. Lingkup Penilian
2.1 Seluruh TPP Anak Didik
2.2 Mencakup data tentang status kesehatan,
pengasuhan dan pendidikan
3. Proses
3.1 Dilakukan secara berkala, intensif,
bermakna, menyeluruh dan berkelanjutan.
3.2 Dilaksanakan pada saat anak melakukan
aktivitas sepanjang hari
3.3 Secara berkala tim pendidik mengkaji
ulang catatan perkembanagn anak dan berbagai informasi lain termasuk kebutuhan
khusus anak yang dikumpulkan dari hasil catatan pengamatan, anekdot, check
list, dan portofolio.
3.4 Melakukan komunikasi dengan orang tua
tentang perkembangan anak
3.5 Dilakukan secara sistematis, terpercaya
dan konsisten
3.6 Memonitor semua aspek TPP anak
3.7 Mengutamakan proses dampak hasil
3.8 Pembelajaran melelui bermain dengan
benda konkret
4. Pengelolaan Hasil
4.1 Pendidik membuat kesimpulan dan laporan
kemajuan anak berdasarkan informasi yang tersedia
4.2 Pendidik menyusun dan menyampaikan
laporan perkembangan anak secara tertulis kepada orangtua secara berkala
4.3 Laporan perkembangan anak disampaikan
kepada orangtua dalam bentuk laporan lisan dan tulisan secara bijak disertai
saran – saran yang dapat dilakukan orangtua dirumah
5. Tindak Lanjut
5.1 Pendidik menggunakan hasil penilaian
untuk meningkatkan kompetensi diri
5.2 Pendidik menggunakan hasil penilaian
untuk memperbaiaki program, metode, jenis aktifitas/kegiatan, penggunaan dan
penataan alat permainan edukatif, alat
kebersihan dan kesehatan, serta untuk memperbaiki sarana dan prasarana termasuk
untuk anak dengan kebutuhan khusus.
5.3 Mengadakan pertemuan dengan orangtua/
keluarga untuk mendiskusikan dan melakukan tindak lanjut untuk kemajuan
perkembangan anak.
5.4 Pendidik merujuk keterlambatan
perkembangan anak kepada ahlinya melalui orangtua.
5.5 Merencanakan program pelayanan untuk
anakyang memiliki kebutuhan khusus
C. Pengaturan Beban Belajar
Beban
belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam kurikulum
yaitu :
Kelompok
|
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit
|
Jumlah jam pembelajaran perminggu
|
Minggu efektif per tahun pelajaran
|
Waktu pembelajaran ( jam ) per tahun
|
A
|
30
|
30
|
34
|
1020 JAM
|
B
|
30
|
30
|
34
|
1020 JAM
|
D. Pengelompokan Peserta Didik
Ø
Kriteria Pengelompokan peserta didik
- 4 - 5 tahun
pada kelompok A
- 5 - 6 tahun pada kelompok B
Ø
Kenaikan kelas ( perpindahan kelompok )
- Kelompok B ke SD
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum
Taman Kanak – kanak diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada
setiap tahun pelajaran. Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup
permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif, dan hari
libur.
Alokasi waktu
1. Permulaan
tahun pelajaran
Adalah
waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pembelajaran.
2. Minggu
efektif belajar
Adalah
jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
3. Waktu
pembelajaran efektif
Adalah
jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk
seluruh bidang pengembangan termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk
kegiatan pengembangan diri.
4. Waktu
libur
Adalah
waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal.
Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur
akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur khusus, libur umum dan
hari – hari besar nasional.
Adapun Penjelasan alokasi waktu kegiatan
sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Keterangan
|
1
|
Minggu
Belajar Efektif
|
Minimal
34 Minggu Maksimal 38 Minggu
|
Digunakan
untuk kegiatan pembelajaran efektif di TK
|
2
|
Jeda
Tengah Semester
|
Maksimal
2 Minggu
|
Satu
minggu setiap semester
|
3
|
Jeda
Antar Semester
|
Maksimal
2 Minggu
|
Antara
semester I dan II
|
4
|
Libur
Akhir Tahun
|
Maksimal
3 Minggu
|
Digunakan
untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir tahun pelajaran.
|
5
|
Hari
libur keagamaan
|
2-4
minggu
|
Daerah
khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengaturnya
sendiritanpa mengurangi jumlah minggu afektif belajar dan waktu pembelajaran
efektif
|
6
|
Hari
libur umum/ nasional
|
Maksimal
2 minggu
|
Disesuaikan
dengan peraturan pemerintah
|
7
|
Hari
libur khusus
|
Maksimal
1 minggu
|
Digunakan
untuk kegiatan yang diprogramkan secara khusus oleh sekolah tanpa mengurangi
minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
|
8
|
Kegiatan
khusus
|
Maksimal
3 minggu
|
Adapun Alokasi Waktu Rencana Kegiatan PAUD Insan Kencana
dan alokasi waktu rencana hari efektif pembelajaran adalah senagai berikut :
(
terlampir )
ALOKASI
WAKTU
RENCANA
KEGIATAN
TK PERTIWI DESA BANJARSARI
Alokasi Waktu
|
Uraian Kegiatan
|
Ket
|
|
Bulan
|
Tanggal
|
||
Juni 2012
|
11
|
Rapat Panitia Penerimaan Murid Baru (
PMB )
|
|
12
|
Persiapan Berkas -berkas PMB
|
||
13 -15
|
Pendaftaran Murid Baru
|
||
Juli 2012
|
02 - 04
|
Seleksi PMB
|
|
05
|
Pengumuman
|
||
16
|
Masuk Awal Tahun Pelajaran
|
||
16
|
Sosialisasi kepada Orangtua /
Pengantar
|
||
16 - 18
|
Orientasi PMB
|
||
19
|
Pembagian Kelas
|
||
20 - 22
|
Libur Awal Ramadhan 1433H
|
||
23 - 28
|
Efektif Pembelajaran
|
||
30 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Agustus 2012
|
01 - 04
|
Efektif Pembelajaran
|
|
06 - 11
|
Efektif Pembelajaran
|
||
13 - 18
|
Libur sebelum Hari
Raya 1433 H
|
||
19
|
Idul Fitri 1433 H
|
||
20 - 25
|
Libur sesudah Hari Raya 1433 H
|
||
27 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
||
September 2012
|
01 - 07
|
Efektif Pembelajaran
|
|
08
|
Hari Olahraga / Upacara
|
||
10 - 15
|
Efektif Pembelajaran
|
||
16 - 22
|
Efektif Pembelajaran
|
||
23 - 29
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Oktober 2012
|
01
|
Upacara Hari Kesaktian Pancasila
|
|
02 - 06
|
Efektif Pembelajaran
|
||
08 - 13
|
Efektif Pembelajaran
|
||
15 - 18
|
Kegiatan Tengah Semester /
Lomba-lomba TK
|
||
19 - 20
|
Efektif Pembelajaran
|
||
22 - 25
|
Efektif Pembelajaran
|
||
26
|
Hari Raya Idul Adha
|
||
27
|
Efektif Pembelajaran
|
||
29 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
||
November 2012
|
01 - 03
|
Efektif Pembelajaran
|
|
05 - 09
|
Efektif Pembelajaran
|
||
10
|
Upacara Hari Pahlawan
|
||
12 - 14
|
Efektif Pembelajaran
|
||
15
|
Libur Tahun Baru 1434 Hijriyah
|
||
16 - 17
|
Efektif Pembelajaran
|
||
19 - 24
|
Efektif Pembelajaran
|
||
26 - 30
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Desember 2012
|
01
|
Efektif Pembelajaran
|
|
03 - 08
|
Pengayaan / Pengumpulan Portofolio dan Data Nilai Anak Didik Semester I
|
||
10 - 14
|
Persiapan Penyerahan Buku Laporan Pribadi
|
||
15
|
Penyerahan Buku Laporan Pribadi
|
||
16 - 31
|
Llibur akhir semester I
|
||
Januari 2013
|
01
|
Tahun Baru 2012
|
|
02 - 05
|
Efektif Pembelajaran
|
||
07 - 12
|
Efektif Pembelajaran
|
||
14 - 19
|
Efektif Pembelajaran
|
||
21 - 23
|
Efektif Pembelajaran
|
||
24
|
Libur Maulid Nabi
|
||
25 - 26
|
Efektif Pembelajaran
|
||
28 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Februari 2013
|
01 - 02
|
Efektif Pembelajaran
|
|
04 - 09
|
Efektif Pembelajaran
|
||
11 - 16
|
Efektif Pembelajaran
|
||
18 - 23
|
Efektif Pembelajaran
|
||
25 - 28
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Maret 2013
|
01 - 02
|
Efektif Pembelajaran
|
|
04 - 09
|
Efektif Pembelajaran
|
||
11
|
Efektif Pembelajaran
|
||
12
|
Libur Hari
Raya Nyepi
|
||
13 - 16
|
Efektif Pembelajaran
|
||
18 - 21
|
Kegiatan
tengah semester
|
||
22 - 23
|
Efektif Pembelajaran
|
||
25 - 28
|
Efektif Pembelajaran
|
||
29
|
Libur Jum’at Agung
|
||
30
|
Efektif Pembelajaran
|
||
April 2013
|
01 - 06
|
Efektif Pembelajaran
|
|
08 - 13
|
Efektif Pembelajaran
|
||
04 -20
|
Efektif Pembelajaran
|
||
22 - 27
|
Efektif Pembelajaran
|
||
29 -30
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Mei 2013
|
01
|
Efektif Pembelajaran
|
|
02
|
Upacara Hardiknas
|
||
03 - 04
|
Efektif Pembelajaran
|
||
06 - 08
|
Efektif Pembelajaran
|
||
09
|
Libur Kenaikan Isa Almasih
|
||
10 - 11
|
Efektif Pembelajaran
|
||
13 - 18
|
Efektif Pembelajaran
|
||
20
|
Upacara Hari
Kebangkitan Nasional
|
||
21 - 24
|
Efektif Pembelajaran
|
||
25
|
Libur Hari
Raya Waisak
|
||
27 - 31
|
Efektif Pembelajaran
|
||
Juni 2013
|
01
|
Latihan Pentas Tari
|
|
03 - 04
|
Latihan Pentas Tari
|
||
05
|
Libur Isra’ Mi’raj
|
||
06 - 07
|
Latihan Pentas Tari
|
||
08
|
Pentas Tari Pelepasan Anak Didik
|
||
10 - 15
|
Pengayaan / Pengumpulan Portofolio dan Data Nilai Anak Didik Semester II
|
||
17 - 21
|
Persiapan Penyerahan LPPAD
|
||
22
|
Penyerahan LPPAD
|
ALOKASI
WAKTU
RENCANA
HARI EFEKTIF PEMBELAJARAN
PAUD
INSAN KENCANA
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
No
|
Semester
|
Tema Kegiatan
|
Minggu Ke :
|
Lokasi Waktu Kegiatan
|
|
Bulan
|
Tanggal
|
||||
1
|
Semester 1
|
Diri Sendiri ( 3 minggu )
|
1
|
Juli 2012
|
23 - 28
|
2
|
Juli
|
30 - 31
|
|||
3
|
Agustus
|
01 - 04
|
|||
2
|
Semester 1
|
Lingkungan ( 4 Minggu )
|
1
|
Agustus
|
06 - 11
|
2
|
Agustus
|
27 - 31
|
|||
3
|
September
|
01 - 07
|
|||
4
|
September
|
10 - 15
|
|||
3
|
Semester 1
|
Kebutuhan ( 4 minggu )
|
1
|
September
|
16 - 23
|
2
|
Oktober
|
23 - 29
|
|||
3
|
Oktober
|
02 - 06
|
|||
4
|
Oktober
|
08 - 13
|
|||
4
|
Semester 1
|
Binatang ( 3 minggu )
|
1
|
Oktober
|
19 - 25
|
2
|
Nopember
|
27 - 31
|
|||
3
|
Nopember
|
05 - 09
|
|||
5
|
Semester 1
|
Tanaman ( 3
minggu )
|
1
|
Nopember
|
12 - 17
|
2
|
Nopember
|
19 - 24
|
|||
3
|
Nopember
|
26 - 30
|
|||
6
|
Semester II
|
Rekreasi ( 4 minggu )
|
1
|
Januari 2013
|
07 - 12
|
2
|
Januari
|
14 - 19
|
|||
3
|
Januari
|
21 - 26
|
|||
4
|
Jan /Feb
|
28 - 02
|
|||
7
|
Semester II
|
Pekerjaan ( 3 minggu )
|
1
|
Februari
|
04 - 09
|
2
|
Februari
|
11 - 16
|
|||
3
|
Februari
|
18 - 23
|
|||
8
|
Semester II
|
Air, udara dan api ( 2 mg)
|
1
|
Februari/Maret
|
25 - 02
|
2
|
Maret
|
04 - 09
|
|||
9
|
Semester II
|
Alat komunikasi ( 2 mg )
|
1
|
Maret
|
11 - 16
|
2
|
Maret
|
25 - 30
|
|||
10
|
Semester II
|
Tanah airku ( 3 mg )
|
1
|
April
|
01 - 06
|
2
|
April
|
08 - 13
|
|||
3
|
April
|
15 - 20
|
|||
11
|
Semester II
|
Alam semesta ( 2 mg )
|
1
|
April
|
22 - 27
|
2
|
April/Mei
|
29 - 04
|
|||
Pengayaan
|
Mei
|
06 - 11
|
|||
Pengayaan
|
Mei
|
13 - 18
|
|||
Pengayaan
|
Mei
|
21 - 24
|
|||
Pengayaan
|
Mei
|
27 - 31
|
|||
Pengayaan
|
Juni
|
01 - 07
|
mantaff
BalasHapusMakasih Sob !! berbagi itu indah
BalasHapus