Sabtu, 09 Januari 2016

PROMES, RPPM, RPPH K-13 PAUD


Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut.

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR


KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1.          Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2.          Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan


KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1.          Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8.          Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9.          Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama

2.11.       Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri

2.12.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.13.       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman



KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain





3.1.        Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2.        Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3.        Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4.        Mengetahui cara hidup sehat

3.5.        Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6.        Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7.        Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8.        Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9.        Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10.    Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11.    Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.12.    Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13.    Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14.    Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15.    Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1.         Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2.         Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3.         Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4.         Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5.         Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6.         Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7.         Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

4.8.         Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.9.         Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya

4.10.     Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11.     Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12.     Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

4.13.     Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14.     Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat

4.15.     Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media


CONTOH
KOMPETENSI ISI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
-      Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung, pasir, dst
-      Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan
-      Gejala alam: hujan, siang-malam, awan, dll
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
- memelihara diri sendiri: bangga dengan diri sendiri, tidak mengejek teman,
- memelihara benda: membersihkan, menyimpan yang masih diperlukan, menggunakan dengan tepat.
- memelihara makhluk hidup yang ada di sekitar:memberi makan, menyiram bunga, dll
KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
-      Makanan, dan minuman sehat: makanan/minuman yang diperlukan tubuh, kandungan, zat makanan, kehalalan,
-      Kebiasaan sehat: mencuci tangan, menggosok gigi, merawat mata, merawat gigi, merawat telinga
-      Lingkungan sehat:membuang sampah,
3.6  Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
- warna primer dan sekunder: biru, merah, kuning, ungu, hijau, jingga, merah muda
-  bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus, kerucut, tabung
-  ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar, sekarang-kemarin-besok.
-  Pola: pola satu indicator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indicator AB-AB, ABC,ABC
-  Sifat: cair-padat-gas
- suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak, tinggi-rendah, dll
Dll




LATIHAN KERJA 1
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI

KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan



KI-2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10. . Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain

2.11. Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri

2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab

2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur


2.14 . Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman


KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4 Mengetahui cara hidup sehat

3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6  Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10 Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni


KI-4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

4.8  Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.9 Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya

4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat


4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media





No
Aspek Perkembangan
Kompetensi dasar
1
Nilai Agama dan Moral

2
Fisik-Motorik

3
Kognitif

4
Bahasa

5
Sosial-emosional

6
Seni


  
Contoh Perencanaan Program Semester